Eksplorasi 2018

Eksplorasi 2018 !!!

Eksplorasi KSK dilakukan pada tanggal 24-26 Agustus 2018 di Pantai Porok, Gunung Kidul Yogyakarta. Eksplorasi  ini ditujukan untuk DXVIII dan bertujuan untuk mengetahui serta mempraktekan teknik sampling yang benar pada setiap Kelas Keilmuan. Acara ini diawali dengan berkumpul di fakultas Biologi pada pukul 16.00 dan dibuka oleh ketua KSK yaitu Herdin Surya dan Bapak Tri Joko selaku pembina KSK. Setelah selesai pembukaan acara, kemudian dilanjutkan dengan pemberangkatan ke Pantai Kukup yang menjadi titik kumpul.

Dari fakultas Biologi berangkat pada pukul 17.00  dan sampai di lokasi sekitar pukul 19.00, sesampainya disana rombongan DXVIII langsung makan malam bersama sama dan dilanjutkan sholat isya berjamaah.  Setelah sholat di lanjut dengan pematerian dari setiap KK tentang cara sampling dan preservasi yang benar. Setelah pematerian kemudian dilanjutkan dengan istirahat dan tidur, pada pagi harinya anggota DXVIII dibangunkan pada pukul 02.00 pagi untuk sampling. Sampling dibagi per kelompok KK yang sudah dibagi sebelumnya, sehingga setiap antar anggota kelompok mengambil sampel hewan ataupun tumbuhan sesuai dengan klompok KK yang sudah dibagikan.

Sampling dilakukan di Porok yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat menginap. Tetapi pada saat sampai di pantai, pantai dalam kondisi yang sedang pasang sehingga tidak memungkinkan untuk sampling pada saat itu, dan karena pantai tidak surut juga, akhirnya sampling diganti pada siang harinya dan kembali ke penginapan untuk melanjutkan istirahat sampai subuh. Pagi harinya setelah sholat subuh dilakukan senam dan makan bersama, serta dilanjutkan dengan free time sampai pukul 09.00 pagi. Sekitar pukul 09.00 pagi dilakukan sampling semua kelas keilmuan sampai pukul 11.00 siang dan persiapa untuk sholat dhuhur serta makaan siang bersama. Setelah sholat dhuhur, dilanjutkan dengan membahas pensi yang akan ditampilkan oleh DXVIII pada malam harinya.  Pada malam harinya setelah sholat isya dilakukan games yang anggotanya berisikan angkatam DXVI, DXVII dan DXVIII, games ini berfungsi untuk saling merekatkan antara anggota KSK. Setelah games kemudian ada pensi dari DXVIII yang bertemakan tentang KSK. Setelah games dan pensi dilanjutkan dengan istirahat sampai pukul 01.00 pagi. Pukul 01.00 dinihari DXVIII dibangunkan untuk sampling kembali, dan alhamdulillah pantai surut total sehingga dapat sampling dan menemukan banyak spesies dari setiap KK.

Pengambilan spesies dilakukan dengan cara purposive random sampling, yaitu dimana pengambilan spesies secara acak.  Sampling dilakukan sampai pukul 03.00 pagi, kemudian pada pukul 6 pagi dilakukan identifikasi serta preservasi dari hasil yang diperoleh dan dicatat setiap spesies yang ditemukan. Kemudian setelah selesai preservasi,  setiap kelompok dari masing masing KK berkeliling pada setiap post KK untuk diajari preservasi serta identifikasi dari semua KK. Setelah selesai dilanjutkan dengan bermain-main di pantai serta persiapan untuk kembali ke fakultas Biologi.

JVJK!

%d blogger menyukai ini: