Oceans Day 2018

Better Ocean for The Better World!

Oceans day merupakan salah satu kegiatan Kelompok Studi Kelautan Biogama yang bertujuan untuk memperingati Hari Laut Sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Juni setiap tahunnya. Oceans day 2018 diperingati pada Sabtu, 12 Mei 2018 di Auditorium Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. Peringatan Oceans day tahun ini memiliki tema Better Ocean for The Better World dan dihadirkan dalam bentuk Talkshow bertajuk “Pengelolaan Kelautan di D.I. Yogyakarta dan Sekitarnya”. Talkshow kali ini mengundang 4 pembicara, yaitu Bapak Teodorus Lintang Teyita, S.Tp, M.Ec.Dev selaku staff Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Bapak I Made Andi Arsana, Ph.D selaku Dosen dari Teknik Geodesi dan Marine Researcher, Bapak Akbar Reza, M.Sc selaku dosen ekologi Fakultas Biologi, dan Ahmad Mujadid Rizky Wardana selaku Runner Up Putra Maritim Indonesia 2016.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dan berlangsung dengan dipandu oleh Mia Risliana Putri (DXVI) dan Basith Kuncoro Aji (DXV) selaku pembawa acara. acara dimulai dengan pemberian sambutan oleh Luqman Ar-Rasyid (DXVII) selaku Ketua pelaksana, dilanjutkan oleh Herdin Surya Dwi Putra (DXVI) selaku Ketua KSK Biogama 2018, kemudian sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi dari Ibu Rina Sri Kasiamdari, Ph.D selau Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan menuju sesi selanjutnya, yaitu sesi Talkshow. Talkshow dipandu oleh Alfino Sebastian (DXVI) selaku moderator. Talkshow dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi 1 dan sesi 2. Pada sesi 1, talkshow dimulai oleh pemaparan materi dari Bapak Lintang yang berisi tentang segala peraturan dan pandangan pemerintah dalam aspek pengelolaan kelautan. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Bapak Akbar dengan judul ”The Promise And Challenge Of Reef-Based Ecotourism In Yogyakarta” yang berisi tentang pandangan akademisi biologi tentang pengelolaan kelautan di DIY. Selanjutnya adalah pemaparan materi dari Bapak Andi dengan judul “Pengelolaan Wilayah Laut, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil di DIY secara Terpadu: Sebuah Perspektif Geospasial” yang memaparkan tentang sudut pandang pengelolan kelautan DIY dari akademisi geodesi. Talkshow dilanjutkan oleh pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh moderator dan peserta. Peserta terlihat sangat antusias dalam berdiskusi dengan dengan pembicara. Hal yang sama juga terjadi anatra pembicara yang berencana bekerjasama akan melakukan sinkronisasi antara pemerintah dan akademisi. Setelah sesi 1 selesai, dilanjutkan dengan break time yang diisi oleh penampilan Viola Fedriana (DXVI) yang membawakan lagu Mimpi. Kemudian talkshow dilanjutkan ke sesi 2 yang menghadirkan Ahmad Mujadid Rizky Wardana sebagai pembicara. Rizky memberikan pemaparan materi mengenai aksi nyata yang dapat dilakukan mahasiswa dalam menjaga kestabilan pengelolaan laut DIY. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh moderator dan peserta talkshow.

Talkshow berakhir pada pukul 12.00 WIB dan ditutup dengan pemberian plakat serta foto bersama. Panitia Oceans day 2018 mengucapkan terimakasih atas antusiasme pembicara dan peserta dalam memeriahkan peringantan Hari laut Sedunia Tahun ini. Seoga selaga ilmu yang telah disampaikan dapat diterima dan diaplikasikan serta dibagikan kepada siapapun. Karena lautku, lautmu, laut kita bersama.

Jales Viva?! Jaya KSK!!!

%d blogger menyukai ini: