Diklatsar KSK DXVII “Make Your Wave!”

Diklatsar KSK DXVII “Make Your Wave!”
img_1619

Selamat datang di KSK Biogama para Baby Octopus!

Diklatsar merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh KSK Biogama dalam rangka rekrutmen anggota baru melalui pendidikan dan latihan dasar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaring Anggota Muda yang disebut sebagai baby octopus. Pada tahun ini KSK Biogama menyelenggarakan Diklatsar XVII dengan tagline “Make Your Wave”. Rangkaian kegiatan diklatsar ini terdiri dari beberapa tahap yaitu Diklat Ruang I (Dikru I), Diklat Ruang II (Dikru II), outbound, dan ditutup dengan diklat lapangan. Rangkaian acara ini bertujuan untuk menghasilkan anggota KSK yang berkualitas dan dapat berkontribusi untuk masyarakat.

Diklatsar XVII terdiri dari beberapa kegiatan yaitu kegiatan indoor dan outdoor. Kegiatan indoor berupa pematerian melalui Dikru sedangkan kegiatan outdoor berupa outbound untuk pelatihan survival. Rangkaian diklatsar ini diawali dengan kegiatan Meet and Greet yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2016 di Ruang Seminar Fakultas Biologi UGM. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan profil KSK Biogama kepada calon baby octopus yang dilakukan oleh Nur Fadli Ikram (DXIV) selaku ketua KSK Biogama.

img_20160903_143925_hdr

Suasana Meet and Greet para calon Baby Octopus

Dikru I dilaksanakan pada tanggal 10 September 2016 dengan tujuan untuk memperkenalkan objek kajian keilmuan di KSK Biogama serta alur kaderisasi KSK Biogama. Sedangkan Dikru II dilaksanakan pada tanggal 24 September 2016 dengan pematerian P3K, pembekalan saat survival di alam dan acara debat. Selain acara indoor, juga dilaksanakan kegiatan outdoor yaitu berupa outbound. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengaplikasikan ilmu yang telah baby octopus peroleh dari Dikru I dan Dikru II yang dilaksanakan di area sekitar UGM pada tanggal 9 Oktober 2016.

img_20160910_095750_hdr

Peserta antusias dalam mengkuti Diklat Ruang

Setelah rangkaian Dikru I, Dikru II dan outbound, selanjutnya dilaksanakan kegiatan puncak dari Diklatsar XVII yaitu Diklat Lapangan yang dilaksanakan pada hari Jumat–Minggu, 21-23 Oktober 2016. Pada acara puncak ini, dilakukan pelantikan baby octopus secara resmi menjadi Anggota Muda DXVII. Pelantikan ini dilaksanakan di Pantai Ngeden. Harapannya, rangkaian diklat ini bermanfaat untuk mempersiapkan Anggota Muda dalam menghadapi berbagai tantangan saat telah menjadi anggota KSK Biogama dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Selamat datang Baby Octopus KSK Biogama!

 Jales Viva, Jaya KSK!

%d bloggers like this: