The 3rd KOBI 2020

The 3rd KOBI 2020

Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) adalah asosiasi yang beranggotakan ketua/kepala suatu institusi pendidikan penyelenggara Program Studi Biologi di seluruh Indonesia dengan dukungan MIPAnet mensinergikan kurikulum Biologi sesuai dengan kualifikasi KKNI, melalui pertemuan-pertemuan untuk menyusun Kurikulum Standar Minimum untuk semua jenis dan jenjang Program Studi, yang dimulai dengan fokus terlebih dahulu pada Program Studi Sarjana Biologi dan Sarjana Pendidikan Biologi. The 3rd KOBI Congress, International and National Conferences tahun 2020 ini dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meetings pada tanggal 24-25 November 2020.

Tema konferensi internasional KOBI 2020 yang diangkat adalah “Konservasi Biodiversitas untuk Kesejahteraan Manusia dalam Antisipasi Era Evolusi Industri 4.0”. Pembicara yang diundang adalah Ir. Wiratno, M.Sc. (General Director of KSDAE), Prof.Dr.Budi Setiadi Daryono (Head of KOBI & Dean of Biology Faculty UGM), Wally van Sickie, Ph.D. (President of IDEA WILD) dan Dr. Sastia Prama P, M.Sc. (Assist Professor at Osaka University).

Terdapat kurang lebih 112 paper penelitian yang dipresentasikan. Mahasiswa Fakultas Biologi UGM yang merupakan anggota dari Kelompok Studi Kelautan juga turut andil pada kegiatan ini, topik Agriculture and Marine Biology dengan judul paper “Ethnozoological Approach to Fishery Activities : A Perspective in Gunungkidul, Yogyakarta” yang dipresentasikan oleh Nadia Puspaningrum (2018) dan “Abundance and Distribution Patterns of Echinoderms in the Intertidal Zone of Nglolang Beach, Gunungkidul, Yogyakarta” yang dipresentasikan oleh Laras Nur Jannah (2018). Kontribusi dari mahasiswa Fakultas Biologi ini semoga semakin dapat ditingkatkan lagi ke depannya agar dapat meningkatkan publikasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

%d blogger menyukai ini: