EKSPLORASI DAN SGD BIOTA LAUT ZONA INTERTIDAL KELOMPOK STUDI KELAUTAN (KSK) DI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

EKSPLORASI DAN SGD BIOTA LAUT ZONA INTERTIDAL KELOMPOK STUDI KELAUTAN (KSK) DI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Kegiatan Eksplorasi dan SGD Biota Laut Zona Intertidal Kelompok Studi Kelautan (KSK) Fakultas Biologi UGM dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 2-4 September 2022. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Porok, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian SGD yang dilakukan di lapangan dimana menjadi salah satu wadah bagi anggota muda untuk melatih skill lapangan dan sebagai sarana melakukan penelitian sekaligus konservasi bagi seluruh anggota KSK. Selain itu, kegiatan ini bertujuan menciptakan kader-kader anggota madya yang terampil dan mahir dalam hal teknik sampling, preservasi, pengambilan data dalam penelitian, serta memiliki pengetahuan yang lebih mendalam mengenai biota laut yang dipelajari dalam lima kelas keilmuan di KSK Biogama, yaitu kelas keilmuan Algae, Crustacea, Echinodermata, Mollusca, dan Pisces. 

Semua peserta dan panitia Eksplorasi mulai berkumpul di Fakultas Biologi pada hari Jum’at, 2 September 2022 pukul 16.00 WIB. Kemudian, seluruh peserta dan panitia melakukan perjalanan menuju Pantai Nglolang, Gunung Kidul pada pukul 16.50 WIB dan tiba sekitar pukul 19.30 WIB. Setelah itu, dilakukan pembukaan acara yang dipandu oleh MC pada pukul 20.00 WIB dan selanjutnya dilakukan briefing untuk teknis Eksplorasi. Kemudian, seluruh peserta dan panitia dipersilahkan untuk istirahat.

Pelepasan anggota oleh Pak Akbar Reza M.Sc

Rangkaian kegiatan Eksplorasi dan SGD dilanjutkan pada hari Sabtu, 3 September 2022. Kegiatan dimulai pada pukul 01.30 WIB yang diawali dengan absensi peserta dan panitia, lalu dilanjutkan dengan briefing untuk kegiatan hari ke-2 terkait barang-barang yang perlu dipersiapkan dan dibawa. Kemudian, peserta dibagi dalam 5 kelompok sesuai dengan jumlah Kelas Keilmuan yang ada. Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan simulasi sampling oleh kelompok Pisces, Echinodermata, dan Mollusca. Kegiatan sampling dan SGD dilaksanakan di Pantai Porok. Seluruh peserta dan panitia menuju ke Pantai Porok pada pukul 01.55 WIB dengan membawa alat dan bahan yang telah dipersiapkan sebelumnya untuk sampling. Kegiatan sampling masing-masing kelompok dimulai pada pukul 02.25 WIB dengan didampingi oleh perwakilan dari KK masing-masing. Setelah itu, seluruh peserta dan panitia kembali menuju penginapan pada pukul 04.30 WIB untuk melaksanakan Ishoma.

Kegiatan dilanjutkan pada pukul 07.00 WIB, dimulai dari absensi peserta. Kemudian, dilaksanakan Circling Pemateri mengenai identifikasi dan preservasi oleh perwakilan dari KK masing-masing pada pukul 07.10-11.00 WIB. Setelah itu, seluruh peserta dan panitia melaksanakan Ishoma. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan persiapan PENSI masing-masing kelompok. Anggota muda dipersilahkan untuk melakukan aktivitas lain dengan catatan tetap diawasi oleh panitia. Kegiatan PENSI oleh seluruh kelompok anggota muda dimulai pada pukul 19.30 WIB. Selanjutnya, seluruh panitia dan anggota muda dipersilahkan untuk istirahat. 

Kegiatan Eksplorasi dan SGD dilanjutkan pada hari ke-3, yaitu pada tanggal 4 September 2022. Acara dimulai dengan absensi peserta pada pukul 01.00 WIB yang dilanjutkan dengan briefing kegiatan hari ke-3 serta persiapan alat dan barang yang diperlukan pada pukul 01.30 WIB. Setelah itu, dilaksanakan kegiatan sampling oleh kelompok Crustacea dan Algae bersama dengan perwakilan dari kedua KK. Perjalanan menuju Pantai Porok untuk kegiatan sampling dilaksanakan pukul 01.55 WIB. Sesampainya di Pantai Porok, dilakukan checking kelompok yang dilanjutkan dengan simulasi sampling oleh masing-masing perwakilan KK dan kedua kelompok mulai pukul 02.25-04.30 WIB. Setelah selesai, seluruh anggota muda dan panitia kembali ke penginapan untuk melaksanakan Ishoma .Setelah itu, seluruh kelompok diwajibkan untuk membuat poster mengenai sampling yang telah dilaksanakan. Poster tersebut nantinya berisi pendahuluan, alat dan bahan, metode, hasil, serta pembahasan. Presentasi poster masing-masing kelompok dilaksanakan mulai pukul 10.30-12.00 WIB. Urutan presentasi dipilih secara acak oleh panitia dan masing-masing kelompok diberi waktu sebanyak 10 menit untuk mempresentasikan poster yang telah dibuat. Setelah presentasi, panitia akan memberikan feedback kepada masing-masing kelompok. Kemudian, seluruh anggota muda dan panitia melaksanakan Ishoman serta checking barang sebelum kembali ke Kampus. Pada pukul 13.00 WIB, seluruh anggota muda dan panitia melakukan perjalanan menuju Fakultas Biologi.

%d blogger menyukai ini: