KSK Biogama Sukses Gelar MicroSD#1 2024 dengan Tema “Eksplorasi Metode dan Program Analisis Data Ekobiologi”

KSK Biogama Sukses Gelar MicroSD#1 2024 dengan Tema “Eksplorasi Metode dan Program Analisis Data Ekobiologi”
Gambar 1. Foto Bersama MicroSD#1 2024

Pada Sabtu, 25 Mei 2024, Kelompok Studi Kelautan (KSK) Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses menyelenggarakan acara MicroSD 2024 dengan tema “Eksplorasi Metode dan Program Analisis Data Ekobiologi.” Acara yang diadakan secara hybrid di Auditorium Biologi Tropika Fakultas Biologi UGM dan platform Zoom Meeting ini bertujuan memberikan pelatihan statistik kepada anggota KSK Biogama, dan menghadirkan dua pakar dalam bidangnya sebagai narasumber utama.

Dr. Noorma Yulia Megawati, S.Si, M.Sc. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM, membuka sesi dengan membahas dasar korelasi data serta penggunaan R Studio dalam analisis ekobiologi. Beliau mengajak peserta untuk lebih memahami pengolahan data secara efektif menggunakan perangkat lunak tersebut, khususnya dalam bidang ekobiologi.

Sesi kedua diisi oleh Dr. Aprilia Sufi Subiastuti, S.Si. dari Fakultas Biologi UGM, yang membawakan materi seputar berbagai perangkat lunak untuk pengolahan data statistik. Beliau memaparkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing program, serta memberikan tips cara penggunaannya untuk memaksimalkan hasil analisis data.

Acara yang berlangsung selama 4 jam 30 menit ini dibagi dalam dua sesi materi dan satu sesi tanya jawab. Para peserta tampak antusias berdiskusi dengan narasumber, yang ditutup dengan penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan kepada kedua narasumber. Sesi dokumentasi bersama seluruh peserta juga menjadi momen berharga yang menandai akhir dari acara MicroSD 2024.

Dipandu oleh MC Dhea Amelia (DXXIII) dan Wenzeslaus Handanisworo (DXXIII), acara ini berjalan lancar dan interaktif. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, KSK Fakultas Biologi UGM berharap dapat terus mendukung peningkatan kemampuan anggotanya dalam bidang analisis data ekobiologi, serta memperkuat keterampilan mereka dalam menggunakan metode dan perangkat lunak statistik modern.

%d bloggers like this: