Photo of the Month #Agustus 2013

Photo of the Month #Agustus 2013

Replika Kapal Riset Baruna Jaya VIII

         KR Baruna Jaya VIII merupakan kapal riset modern dan canggih milik LIPI. Kapal riset seharga 195 milyar ini dibeli Indonesia dari Norwegia pada tahun 1997. Fasilitas navigasi dan riset yang dimiliki Baruna Jaya VIII tak kalah canggih dibanding kapal riset luar negeri. Dengan adanya Simrad Planning System (SPS) kapal ini mampu berjalan sendiri menuju tempat tujuan hanya dengan modal track yang sudah dibuat sebelumnya.

     Kapal ini juga dilengkapi 32 sensor yang terletak di badan kapal bagian bawah. Setiap sensor memiliki fungsi spesifik masing-masing diantaranya Bottom Bathymetry yang bisa digunakan untuk memetakan topografi bawah laut hingga kedalaman 1000 meter. Sensor-sensor yang ada pada kapal ini dapat membantu para peneliti dalam mengamati aspek fisika dan kimia laut.

    Kapal seberat 1300 ton ini juga dilengkapi Gravity Meter yang berfungsi untuk mendeteksi kandungan minyak di lepas pantai. Lebih menariknya lagi di dalam kapal juga terdapat 5 laboratorium penelitian. Kelima laboratorium tersebut meliputi Laboratorium Biologi, Laboratorium Electronic Center untuk memantau semua hasil bacaan sensor, Laboratorium Multipurpose, Wet and Clean Room. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan?
– Chandra Pradhitaningrum

%d bloggers like this: