Peringatan World Water Day 2016 oleh KSK Biogama dan MAN 1 Yogyakarta

Peringatan World Water Day 2016 oleh KSK Biogama dan MAN 1 Yogyakarta
IMG_20160327_125453_AO_HDR(1)

KSK Biogama dan pelajar MAN 1 Yogyakarta di Pantai Baros, Yogyakarta

Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) pada tanggal 22 Maret 2016 lalu, Kelompok Studi Kelautan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) turut berpartisipasi dalam acara Penebaran Benih Rajungan yang diselenggarakan oleh MAN 1 Yogyakarta sekaligus memperingati hari jadi MAN 1 Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 28 Maret 2016, bertempat di Pantai Baros, Yogyakarta. Acara tersebut diikuti oleh pelajar tingkat SMA sebagai salah satu sarana edukasi serta upaya dalam pelestarian lingkungan. KSK Biogama berkesempatan untuk memberikan beberapa pematerian dan diskusi, yaitu mengenai ekosistem pesisir laut yang disampaikan oleh Nilahazra Khoirunnisa (Angkatan Diklat XIV), peran keberadaan dan teknik pelepasan rajungan oleh Muzdalifah (Angkatan Diklat XIII), diskusi terkait ekosistem pesisir laut yang dipimpin oleh Nur Fadli Ikram (Angkatan Diklat XIV), serta membimbing adik-adik untuk melakukan pelepasan bibit rajungan. Selain itu KP2B (Kelompok Pemuda-Pemudi Baros) juga berkesempatan untuk menyampaikan sejarah dan kondisi pantai baros hingga saat ini.

IMG_20160327_093007_AO_HDR(1)

Pematerian disampaikan oleh KSK Biogama

IMG_20160327_122243_AO_HDR(1)

Pelepasan bibit rajungan di kawasan ekosistem mangrove

Setelah beberapa rangkaian diskusi yang telah diajukan, kemudian seluruh peserta bersama dengan KSK Biogama dan KP2B melakukan pelepasan bibit rajungan di Pantai Baros, Yogyakarta. Bibit ini merupakan hibah dari Balai Besar Perikanan Budidaya (BBPBAP) Jepara yang diberikan sebagai bentuk upaya konservasi.

PANO_20160327_120122(1)

Foto bersama setelah acara selesai

Harapan KSK Biogama dengan mengikuti kegiatan ini, dapat menambah semangat pelajar Indonesia dalam menjaga lingkungan dan menumbuhkan rasa kepedulian akan pentingnya kesehatan laut. Sehingga perairan di Indonesia serta dunia akan selalu terjaga saat ini dan dikemudian hari.

Save Water, Save the World.

 Jales Viva, Jaya KSK!

%d blogger menyukai ini: