CRASH #8 : Dare to Research, Dare to Speak

Creativity Workshop (CRASH) merupakan salah satu agenda KSK Biogama yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anggota, terutama Anggota Muda DXVI, dalam hal memproduksi suatu karya. CRASH #8 dilaksanakan pada hari Minggu, 1 Mei 2016 di Ruang Biodas Atas Timur Fakultas Biologi UGM dengan bertemakan Public Speaking dan penyusunan proposal penelitian. Acara dibuka oleh MC dan sambutan dari Nur Fadli Ikram selaku Ketua KSK Biogama periode 2016/2017.

DSC_0513

Suasana CRASH #8, peserta antusias untuk mengikuti kegiatan

Materi pertama yang disampaikan adalah mengenai penyusunan proposal penelitian oleh Muhammad Ali Fikry, alumnus KSK Biogama (Angkatan Diklat XII). Penyusunan proposal penelitian dirasa sangat penting untuk meningkatkan skilll menulis anggota KSK Biogama, terutama Anggota Muda. Selain itu, juga dapat melatih anggota untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan suatu permasalahan ilmiah.

IMG_7352

Penyampaian materi oleh Muhammad Ali Fikry (DXII)

Materi kedua disampaikan oleh Nur Rofika Ayu Shinta (Angkatan Diklat XIII) mengenai materi public speaking. Peserta CRASH #8 diajarkan mengenai teknik-teknik public speaking yang baik dan benar. Hal yang penting untuk seorang public speaker adalah dapat menghadapi dan mengalahkan ketakutan berbicara di hadapan publik.

IMG_7363

Penyampaian materi oleh Nur Rofika Ayu Shinta (DXIII)

Diskusi mengenai kedua materi tersebut berlangsung aktif. Acara diakhiri dengan penyampaian review materi dari salah satu Anggota Muda. Dengan diselenggarakannya CRASH #8 ini, anggota KSK Biogama diharapkan dapat lebih produktif untuk menyusun suatu proposal penelitian, sehingga dapat mengasah kemampuan kepenulisan para anggota dan dapat melatih skill public speaking yang dapat digunakan sebagai bekal saat melakukan publikasi nasional maupun internasional nantinya.

“If you can speak, you can influence. If you can influence you can change lives” – Rob Brown.

Jales Viva, Jaya KSK!

%d blogger menyukai ini: