KSK Biogama Mengikuti International Summer Course di Negeri Sakura

KSK Biogama kembali mengembangkan sayapnya hingga ke Negeri Sakura. Tanggal 3 Juli hingga 10 Juli 2016, tiga anggota KSK Biogama dan satu mahasiswa Fakultas Pertanian mengikuti kegiatan International Summer Course (ISC) 2016 di Nagoya University, Jepang. Proses yang dilewati oleh ketiga anggota tersebut tentu tidaklah mudah. Mereka harus melewati dua kali tahapan seleksi, yaitu seleksi berkas dan wawancara yang diadakan oleh OIA Fakultas Biologi hingga akhirnya mendapatkan kesempatan tersebut. Ketiga anggota KSK tersebut adalah Pretty Khoirunnisa (Angkatan DXIV), Elory Leonard (Angkatan DXV), dan Annisa Resa (Angkatan DXV).

DSC_0735

Anggota KSK Biogama bersama dengan para peserta Summer Course, Professor Hitoshi Sawada, dan para pengajar ahli lainnya

ISC 2016 yang bertemakan “Advanced Marine Biology” merupakan program kuliah singkat yang diadakan oleh Sugashima Marine Biology Laboratory (SMBL), Graduate School of Science, Nagoya University. Di bawah arahan Professor Hitoshi Sawada dan para pengajar ahli lainnya, seluruh peserta berkesempatan untuk mempelajari biologi kelautan, khususnya mengenai Developmental Stage of Sea Urchin and Ascidian, Genome Editing Techniques, Western Blotting, Immunostaining, dan Basic Animal Taxonomy.

Eksperimen mengenai Development of Sea Urchin bersama Professor Hitoshi Sawada

Eksperimen mengenai Development of Sea Urchin bersama Professor Hitoshi Sawada

DSC_0664

Pengambilan sampel biota laut di Pulau Sugashima

Program ini merupakan salah satu wujud kerjasama antara Fakultas Biologi dan Nagoya University yang telah dimulai sejak tahun 1995. ISC 2016 ini merupakan yang kedua kalinya diadakan setelah ISC 2015 berhasil dilaksanakan dan juga diikuti oleh lima mahasiswa Fakultas Biologi dimana empat diantaranya merupakan anggota KSK Biogama. Dalam program yang juga diikuti oleh 9 mahasiswa G30 Nagoya University ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pola pikir saintis dan skill untuk melakukan eksperimen dalam bidang biologi kelautan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan yaitu kuliah, pengambilan sampel di lapangan, dan eksperimen. Ilmu yang didapatkan tersebut diharapkan bermanfaat untuk mengembangkan penelitian dan eksplorasi di bidang kelautan Indonesia oleh KSK Biogama, sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia ke depannya.

Semoga anggota KSK lainnya bisa mengikuti jejak kakak-kakak dan mencari ilmu hingga ke belahan bumi lainnya.

Jales Viva? Jaya KSK!

%d blogger menyukai ini: