Eksplorasi Perdana Anggota Muda Diklat XV

IMG_1359

Dalam rangka meningkatkan kompetensi anggota muda dalam bidang keilmuan, pada tanggal 14-15 Maret 2015 diadakan eksplorasi perdana bagi anggota muda (DXV) KSK Biogama. Eksplorasi ini diadakan di Pantai Drini, Gunung KIdul, DIY. Eksplorasi ini merupakan kegiatan mini research yang pertama kali bagi anggota DXV. Eksplorasi sendiri merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan paling tidak tiga kali dalam satu tahun kepengurusan. Dalam kegiatan ini, seluruh anggota muda diperkenalkan dengan berbagai biota laut secara langsung yang menjadi objek kajian berbagai kelas keilmuan di KSK Biogama yaitu Algae, Mollusca, Echinodermata, Crustacea dan Pisces serta metode-metode yang digunakan dalam penelitian biodiversitas.

pematerian Gambar 1. Pematerian di setiap post kelas keilmuan.

     Sampling selama eksplorasi dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sampling nokturnal (malam hari) dan sampling diurnal (pagi/siang hari). Selain di perkenalkan tentang biota laut, juga diperkenalkan berbagai metode penelitian hingga cara preservasi spesimen dari seluruh kelas keilmuan. Metode yang dilakukan dalam eksplorasi kali ini adalah Free sampling method atau metode jelajah pantai dan metode kuadrat plot.

sampling metode kuadrat

Gambar 2. Sampling algae dengan menggunakan metode kuadrat plot.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Gambar 3. Sampling dengan Metode Free Sampling

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Gambar 4. Pematerian cara Preservasi.

     Pematerian dan pembelajaran dilakukan di alam sebagai laboratorium utamanya. Dalam kegiatan ini juga diselingi dengan malam keakraban dan permainan/games untuk semakin mengakrabkan dan menjalin persahabatan antar angkatan diklat.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Gambar 5. Malam keakraban.

Games

Gambar 6. Permainan dan Games

    Setelah mengikuti Eksplorasi, anggota muda diharapkan menjadi lebih kompeten dalam hal keilmuan di bidang kelautan dan menjadi bibit peneliti dalam bidang kelautan. (Saras)

%d bloggers like this: