Small Grup Discussion Lapangan 2018 !

Pada tanggal 7-8 Desember 2018, telah dilaksanakan kegiatan SGD Lapangan KSK BIOGAMA 2018, yang diikuti oleh Anggota Muda (DXVIII), dan didampingi oleh Anggota Madya (DXVII) dan Anggota Ahli KSK BIOGAMA.

SGD Lapangan 2018 ini dilaksanakan di Pantai Sarangan, Gunung Kidul. Peserta yang merupakan Anggota Muda berangkat ke Pantai Sarangan pada Jumat, 7 Desember 2018. Setelah sampai di lokasi, peserta bersiap-siap untuk memulai kegiatan SGD Lapangan. Seluruh peserta sebelumnya dibagi ke lima kelompok yaitu kelompok Algae, Moluska, Echinodermata, Crustacea, dan Pisces.

Acara dimulai dengan pematerian penelitian, dilanjutkan dengan kajian keilmuan dari anggota ahli, serta games dari panitia. Sampling dilakukan keesokan harinya, yaitu pada hari Sabtu, 8 Desember 2018, di Pantai Sarangan. Sampling dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu sebelum subuh dan sesudah subuh. Setelah sampling, masing-masing kelompok kemudian melakukan preservasi dan identifikasi sampel yang didapat.

Setelah melakukan preservasi dan identifikasi, masing-masing kelompok kemudian melakukan penyusunan laporan serta poster penelitian. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi untuk masing-masing kelompok. Presentasi ini berjalan interaktif, di mana terdapat sesi tanya jawab antar kelompok serta tanggapan dari anggota madya.

Rangkaian acara diakhiri dengan foto-foto bersama di Pantai Sarangan. Setelah itu, peserta kembali ke Fakultas Biologi UGM.

Dengan adanya kegiatan SGD Lapangan ini, diharapkan dapat menjadi wadah untuk peserta yang merupakan Anggota Muda (DXVIII) dalam menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan selama rangkaian SGD di KSK Biogama.

Terima kasih untuk seluruh anggota KSK Biogama yang telah berpartisipasi dalam SGD Lapangan 2018 ini. Semoga ilmu yang didapat dari SGD Lapangan ini dapat bermanfaat untuk seluruh teman-teman DXVIII.

#JVJK

%d blogger menyukai ini: