KSK Biogama Hadiri Undangan Gerakan Penanaman Mangrove Kulon Progo, Yogyakarta

KSK Biogama Hadiri Undangan Gerakan Penanaman Mangrove Kulon Progo, Yogyakarta

Kamis,(07/02) Kelompok Studi Kelautan turut serta dalam mangrove replant “Gerakan Penanaman Mangrove Kulon Progo” di daerah Pasir Mendit yang diselenggarakan oleh Yayasan Damar. Acara ini berlangsung selama 4,5 jam dan dimulai dengan sambutan dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dilanjutkan penanaman mangrove.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 232 tamu undangan yang berasal dari berbagai macam institusi seperti Yayasan Kanopi, TNI AL, Mapala IKIP, Sapala UNY, KLH, BKSDA Yogyakarta, dll. Acara berlangsung sangat meriah dimana semua tamu  turun langsung ke lumpur untuk menanam 25 ribu bibit mangrove jenis Rhizopora sp. dan Avicennia sp.Meskipun udara cukup menyengat namun antusiasme dari semua peserta masih tetap tinggi. Haram hukumnya kembali dalam keadaan bersih. Semua pulang dengan bau lumpur khas Pasir Mendit.

Upaya konservasi mangrove seperti ini sangat penting untuk dilakukan mengingat manfaatnya yang tinggi baik dari segi ekonomi maupun lingkungan.Tak heran, siswa SD, SMP, dan SMP disekitar Pasir Mendit turut dilibatkan dalam acara ini guna meningkatkan kecintaan dan kesadaran akan penjagaan mangrove di Pasir Mendit. (Kresty)

%d blogger menyukai ini: