Eksplorasi Perdana Anggota Muda DXIV

Image

(28/04/14) Dalam rangka meningkatkan kompetensi anggota muda dalam bidang keilmuan, pada tanggal 19-20 April 2014 diadakan eksplorasi perdana bagi anggota muda (DXIV) KSK Biogama. Eksplorasi ini diadakan di Pantai Drini, Gunung KIdul, DIY. Sejak dilantik sebagai anggota KSK Biogama, eksplorasi ini merupakan kali pertama bagi anggota DXIV. Eksplorasi sendiri merupakan kegiatan keilmuan yang rutin dilakukan tidak kurang dari tiga kali dalam satu tahun kepengurusan. Pada kegiatan ini, anggota muda diperkenalkan secara langsung dengan berbagai biota laut yang menjadi objek kajian kelas keilmuan di KSK Biogama (Algae, Mollusca, Echinodermata, Crustacea, dan Pisces) dan aspek – aspek lainnya mengenai biota tersebut.

 Image

Gambar 1. Sampling Algae dengan Metode Kuadrat Plot

Image Gambar 2. Sampling Berbagai Biota Bentik dengan Metode Free Sampling 

Sampling dilaksanakan dua kali, yakni sampling diurnal dan sampling nokturnal. Selain pengenalan spesies, anggota muda juga diperkenalkan dengan berbagai metode penelitian di tiap kelas keilmuan, mulai dari metode sampling hingga metode preservasi. Metode sampling yang digunakan dalam eksplorasi kali ini adalah free sampling method dan metode kuadrat plot.

Image

Gambar 3. Kegiatan Ice Breaking di tengah Kegiatan Eksplorasi

Selain diisi dengan berbagai kegiatan keilmuan, eksplorasi juga diisi dengan berbagai kegiatan lain, seperti ice breaking sebagai ajang bonding antaranggota KSK Biogama. Anggota muda yang telah mengikuti eksplorasi ini diharapkan menjadi lebih kompeten dalam hal keilmuan di bidang kelautan dan dapat menjadi bibit – bibit peneliti di bidang kelautan.

%d blogger menyukai ini: