KSK Tour : Kunjungan ke Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Samas

1464751827395

KSK Biogama bersama dengan pengelola BBAP Samas

KSK Tour merupakan salah satu agenda KSK Biogama untuk mengunjungi suatu instansi atau komunitas tertentu, khususnya yang berhubungan dengan bidang kelautan. Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Samas menjadi tempat singgah KSK Tour kali ini. Tepatnya pada tanggal 1 Mei 2016, KSK Biogama bertolak ke tempat budidaya udang galah di Pantai Samas, Bantul. Kegiatan ini diikuti oleh anggota KSK Biogama, mulai dari Anggota Muda, Anggota Madya, dan Anggota Ahli. Pengelola BBAP, yaitu Bapak Kunarto dan Bapak Aris, mengajak anggota KSK untuk melihat tempat budidaya udang yaitu ruang steril udang.  Saat masuk ke tempat tersebut, harus menggunakan sepatu khusus yang sebelumnya direndam dengan air kaporit serta mencuci tangan dengan sabun. Bapak Aris memberikan penjelasan mengenai tahap-tahap perkembangan udang galah, mulai dari telur, larva, hingga dewasa untuk kemudian dikembangkan menjadi udang dewasa dan dipasarkan ke pemasok-pemasok udang, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa.

1464751801752

Anggota KSK di tempat pembudidayaan udang galah

Sementara itu, Bapak Kunarto menjelaskan mengenai jenis pakan yang digunakan untuk mengembangbiakkan udang tersebut. Pemberian pakan udang galah dilakukan secara rutin yaitu lima kali sehari. Udang galah harus selalu dijaga karena mudah stres dan akhirnya mati. Jika salah satu udang di kolam tersebut mati atau terjangkit penyakit, maka harus dibuang agar tidak mencemari atau menginfeksi udang-udang yang lain.

1464750565114

Anggota KSK dijelaskan mengenai tahap perkembangbiakan udang galah

Anggota KSK Biogama sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan anggota KSK mengenai budidaya udang galah. Untuk itu, Anggota Muda KSK Biogama diberikan tugas membuat resume kegiatan selama di BBAP Samas dan resume terbaik adalah karya dari Galang Riswi Dyatama (DXVI). Karya dari Galang dapat dilihat pada link berikut.

JALES VIVA, JAYA KSK!

%d blogger menyukai ini: