OCEANS DAY 2016: OUR SEA, OUR RESPONSIBILITY

OCEANS DAY 2016: OUR SEA, OUR RESPONSIBILITY
1464666203118

Penanaman mangrove di Pantai Baros, Yogyakarta

Dalam rangka menyambut Oceans Day atau Hari Laut Sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2016, Kelompok Studi Kelautan (KSK) Fakultas Biologi UGM yang bekerja sama dengan Kelompok Pemuda Pemudi (KP2) Baros mengadakan kegiatan penanaman mangrove dan bersih pantai pada tanggal 29 Mei 2016 di Pantai Baros, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 60 peserta yang terdiri atas anggota KSK Biogama, masyarakat sekitar, para pelajar dari SMA Negri 1 Gamping, dan SMA Negri 4 Yogyakarta, serta para mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengakomodir kalangan umum dan akademisi yang tertarik dan berminat mengikuti kegiatan edukasi yang berkaitan dengan daerah pesisir pantai. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB yang diawali oleh pembukaan dan sambutan dari Rury Eprylurahman, S.Si., M.Sc. selaku Ketua Unit Pelaksana Kemahasiswaan Fakultas Biologi UGM, Drs. Trijoko, M.Si. selaku pembimbing Kelompok Studi Kelautan (KSK), Nur Fadli Ikram selaku Ketua Kelompok Studi Kelautan (KSK), dan Alifa Ayu Miranti selaku Koordinator Panitia Acara Oceans Day 2016. Selanjutnya dilakukan pelepasan dan pemberangkatan rombongan menuju Pantai Baros.

DSC03944

Penjelasan mengenai penanaman mangrove oleh perwakilan KP2

DSC03983

Para peserta menanam mangrove dengan antusias

Pada pukul 09.30 WIB dimulai penyampaian materi oleh anggota KP2 Pantai Baros yang terdiri dari pemuda pemudi desa mengenai manfaat mangrove, cara penanaman, pembudidayaan mangrove, dan keanekaragaman jenis. Peserta melakukan praktik lapangan tahapan penanaman dan budidaya mangrove dengan metode yang baik dan paling sederhana. Kegiatan dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih pantai zona intertidal sekitar lokasi penanaman mangrove. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dan masyarakat dapat lebih menghargai arti penting laut dan memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan.

IMG_1850

Foto bersama peserta dan panitia Oceans Day 2016

#OceansDay2016 #OurSea #OurResponsibility

JALES VIVA, JAYA KSK!

%d bloggers like this: