Grand Launching dan Sosialisasi Program Kerja KSK Biogama Periode 2017

Grand Launching dan Sosialisasi Program Kerja KSK Biogama Periode 2017

KSK telah melaksanakan salah satu agenda tahunan, yaitu Grand Launching dan Sosialisasi Program Kerja KSK Biogama. Pada  periode 2017∕2018 ini, KSK mengusung nama Kabinet Archipelagic yang berasal dari kata ‘arch’ berarti luas dan ‘pelagic’ berarti laut, sehingga maksud dari Archipelagic adalah kekeluargaan KSK Biogama yang begitu luas, ditunjukan oleh anggota−anggota KSK Biogama yag beranekaragam. Keanekaragaman ini dihubungkan oleh suatu ikatan yang dianalogikan sebagai laut. Laut menghubungkan seluruh daratan di bumi yang dicerminkan oleh seluruh anggota KSK Biogama dengan visi “Mewujudkan KSK Biogama sebagai kelompok studi yang berkarakter solid, tanggap, solutif, dan mandiri dalam upaya mendukung pemberdayaan kelautan dan konservasi berkelanjutan yang berlandaskan kekeluargaan bergotong royong.

Grand Launching dan Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Biodas Atas Timur Fakultas Biologi. Agenda ini terdiri dari 3 acara inti, yaitu sosialisasi program kerja, penyampaian revisi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) KSK Merajut Mimpi periode 2015∕2016, dan pelantikan Pengurus Harian KSK Biogama periode 2017∕2018 . Dengan dihadiri oleh 103 orang yang merupakan anggota KSK Biogama dan perwakilan dari lembaga∕KS yang ada di tingkat fakultas maupun universitas. Acara dibuka langsung oleh Ketua KSK Biogama periode 2017∕2018, yaitu Ahmad Ardi. Sosialisasi disampaikan secara langsung oleh masing-masing PH.

Pada struktur kabinet KSK Archipelagic ini, Ahmad Ardi, sebagai ketua membawahi Operasional (Dian Nuriza), Sekretaris Jendral (Rifa Ningmas) yang membawahi 3 divisi, yaitu Kesekretariatan (Eka Mulia), Bendahara (Suci Aulia Ratu), dan I3∕Inventarisiasi, Internalisasi, dan Interior (Tika Candra Dewi), kemudian PSDM (Thomy Asyari) yang membawahi 2 divisi, yaitu Kaderisasi (Galang Riswi), dan Peningkatan Mutu (Nur Octaviana), Keilmuan (Basith Kuncoro Aji), dan Eksternal (Citra Septiani) yang membawahi 3 divisi, yaitu jaringan Masyarakat (Afifah), Media dan Informasi (Fitri Kurnia Nazira), dan K’Prok∕Kewirausahaan dan Produksi (Burhan Amirudien) yang membawahi bidang Kewirausahaan (Anggun Cinditya). Setiap PH yang ada di kabinet ini, menjelaskan secara rinci program kerja apa saja yang telah disusun dan penjabarannya, dari deskripsi kegiatan, tujuan kegiatan, capaian, waktu dan pelaksanaan program, admiral dan anggaran dana yang digunakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Revisi Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ KSK Merajut Mimpi yang disampaikan oleh  Nibras Zakiyah, selaku Sekretaris Jendral KSK Merajut Mimpi. Terahkir, acara ditutup dengan pelantikan Pengurus Harian KSK Biogama periode 2017∕2018. Dengan dibacakannya surat keputusan oleh Ketua KSK Biogama dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars KSK Biogama, maka 15 anggota telah resmi menjadi Pengurus Harian KSK Biogama periode 2017∕2018. Dengan total kurang lebih 40 program kerja, diharapkan KSK dapat mewujudkan mimpinya menjadi salah satu organisasi rujukan dalam bidang kelautan sehingga dapat bermanfaat dan memberikan pengaruh yang baik bagi anggota KSK, masyarakat luas, dan Indonesia.

Jales Viva, Jaya KSK!

%d blogger menyukai ini: