Gedor Lawang #1 – Kunjungan ke Unit Selam UGM

Gedor Lawang #1 – Kunjungan ke Unit Selam UGM

Gelang atau Gedor Lawang (biasa dikenal dengan nama KSK Tour) adalah salah satu program kerja KSK dalam divisi Jarmas yang merupakan kegiatan mengunjungi atau dikunjungi suatu instansi yang berhubungan dengan kelautan. Dalam satu tahun periode ini, Gedor Lawang akan dilaksanakan sebanyak 5x. Pada tanggal 11 Februari yang lalu, kami melaksanakan Gelang yang pertama dengan mengunjungi sekretariat UKM Selam atau Unyil (Unit Nyilem) yang berlokasi di Gelanggang Mahasiswa. Tujuan kami mengunjungi sekre Unyil ini adalah untuk berbagi ilmu dan pengalaman, serta kalau bisa menjalin kerjasama juga.

Sesampainya di sana kami disambut baik oleh anggota-anggota Unyil. Setelah perkenalan, kami mulai mengobrol santai. Diawali dengan cerita seperti apa dan bagaimana kegiatan di Unyil kemudian kegiatan-kegiatan Unyil, dan struktur organisasinya. Unyil merupakan UKM yang sudah cukup lama berdiri usianya sudah sekitar dua puluhan tahun. Untuk mekanisme rekruitmen anggota baru, Unyil ini mengadakan rangkaian diklatsar dengan cukup ketat, yaitu selama 6 bulan. Karena merupakan unit selam, tahap pertama dalam rangkaian diklatsar adalah Latihan Keterampilan Kolam (LKK). Seleksi ini merupakan latihan menyelam yang dibagi menjadi beberapa tingkatan. Makin naik tingkatannya makin dalam jarak menyelamnya. Pada tahap ini semua calon anggota diwajibkan harus sudah bisa berenang, tetapi jika belum bisa masih bisa belajar. Latihan menyelam ini dilakukan di kolam renang dahulu. Tujuan utamanya yaitu kemampuan menyelam dan kesiapan menyelam. Setelah lolos tahap menyelam ini, akan diadakan try out, jika lolos akan lanjut ke tahap Latihan Perairan Terbuka (LPT) dimana pada seleksi ini dilaksanakan di lautan. Setelah mengikuti rangkaian diklatsar dan dinyatakan lolos, maka secara resmi dilantik menjadi anggota dan akan mendapatkan sertifikat menyelam yang resmi. Latihan renang bersama Unyil juga dapat diikuti umum jika diinginkan.

Kegiatan-kegiatan di Unyil tidak hanya sekedar menyelam, tetapi juga melakukan penelitian. Unyil sudah beberapa kali melakukan penelitian dan publikasi, dan banyak juga prestasi yang diraih oleh Unyil. Terkadang, Unyil juga bisa melakukan penyelaman untuk membantu mencarikan data. Unyil bergerak di 5 divisi sesuai dengan minat khusus yang berhubungan dengan penyelaman. Yang pertama yaitu Divisi Konservasi. Divisi ini memfokuskan pada konservasi dan pelestarian sumber daya bahari. Divisi ini juga bisa memfokuskan pada penelitian. Kemudian ada divisi Search and Rescue (SAR). Divisi ini bergerak di bidang sosial kemanusiaan terutama dalam membantu kecelakaan atau bencana yang berhubungan dengan air. Anggota-anggota Unyil sudah beberapa dipanggil oleh tim SAR nasional untuk membantu mencari para korban. Selanjutnya ada Divisi Atlet. Divisi ini memfokuskan pembentukan atlet di bidang penyelaman dan berenang. Lalu ada Divisi Fotografi dan Videografi yang memfokuskan kegiatan fotografi dan videografi di bawah air dan juga untuk dokumentasi. Divisi yang terakhir yaitu Divisi Jurnalistik, yang bergerak dalam bidang jurnalistik dan pembuatan media. Unyil juga melakukan ekspedisi ke berbagai tempat, salah satunya yaitu ekspedisi ke Bali.

Seperti organisasi pada umumnya, struktur organisasi Unyil dengan kedudukan paling atas yaitu Ketua umum, di bawahnya ada bendahara, sekretaris, pendidikan, logistik, operasional, humas, dan pengembangan. Di bawah jabatan pendidikan, terdapat ke 5 divisi tadi. Setelah berbagi cerita dan pengalaman, dilanjutkan dengan mengobrol santai kemudian diakhiri dengan berfoto bersama. Kami sangat berterimakasih kepada Unyil telah menerima kunjungan kami dan berbagi pengalaman. Kami berharap semoga kunjungan tersebut dapat menambah wawasan dan mempererat tali silaturahmi di antara kedua organisasi.

Jales viva? Jaya KSK!

%d blogger menyukai ini: