MICROSD#1 2017: Learn Together Through Comfortable Discussion

MicroSD atau Micro Scientific Discussion adalah salah satu program Divisi Keilmuan KSK Biogama yang merupakan kegiatan diskusi ringan tentang kelautan melalui sudut pandang yang berbeda. MicroSD menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya, dan melibatkan peserta dari berbagai latar disiplin ilmu yang menaruh perhatian terhadap perkembangan kelautan Indonesia. Dalam satu periode kepengurusan, MicroSD diselenggarakan sebanyak 2 kali.

MicroSD#1 yang diselenggarakan 8 Maret 2017 dan bertempat di Palung Kontrakan KSK Biogama mengangkat tema “ROBOT-ROBOT LAUT: PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS ROBOT DALAM PENELITIAN KELAUTAN” yang mengundang Fathian Hafiz (EEIC Teti UGM) sebagai pembicara dalam diskusi tersebut. Diskusi ini membahas tentang kelautan dari sudut pandang teknologi atau lebih tepatnya robot laut, termasuk sejarah perkembangannya, penggunaannya dalam berbagai aspek termasuk penelitian dan broadcast use (The blue planet and National Geographic), Keuntungan dan kerugian adanya robot, maupun masa depan robot laut di luar maupun dalam negeri.

Diskusi yang dihadiri dari berbagai peserta, diantaranya berasal dari Fakultas Biologi, Fisipol dan Elins UGM tersebut berlangsung nyaman dan sangat menarik. Terlihat ketika memasuki sesi tanya jawab antusiasme para peserta sangat tinggi sehingga tecipta atmosfer diskusi yang interaktif.

Di akhir sesi diskusi tersebut Ahmad Ardi selaku ketua KSK BIOGAMA menyerahkan cinderamata berupa sertifikat kepada Fathian Hafiz Aulia, dan kemudian diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta diskusi. Terimakasih kepada Fathian Hafiz Aulia dan seluruh peserta diskusi dari KSK, FISIPOL, dan Elins UGM. Semoga diskusi tersebut menambah khazanah ilmu pengetahuan dan menjalin silaturahmi di antara semua pihak.

%d bloggers like this: