Eksplorasi KSK Biogama Diklatsar XVII 2017

Eksplorasi KSK 2017 merupakan kegiatan rutin KSK Biogama untuk mengajarkan kepada anggota muda mengenai tata cara sampling , identifikasi, dan preservasi biota laut di zona intertidal. Selain itu, eksplorasi bertujuan untuk mengetahui keragaman terbaru dari lokasi yang digunakan untuk sampling. Acara ini telah dilaksanakan pada 6-8 Agustus 2017 di Pantai Porok dan Pantai Kukup, Gunungkidul, DIY. Peserta yang merupakan Anggota Muda KSK Biogama Diklatsar XVII diberikan pengantar oleh Herdin Surya (DXVI) selaku Ketua Panitia Eksplorasi 2017 dan Ahmad Ardi (DXV) selaku Ketua KSK 2017. Kemudian peserta diberangkatkan menggunakan truk TNI-AD. Peserta sampai di pendopo Pantai Kukup untuk beristirahat dan dilanjutkan acara ishoma serta pematerian dari 5 kelas keilmuan oleh anggota ahli, yaitu Kelas Keilmuan Algae, Crustacea, Mollusca, Pisces, dan Echinodermata. Agenda selesai pada pukul 23.00 dan peserta diminta untuk beristirahat.
Keesokan harinya peserta melakukan sampling nokturnal pada pukul 02.00 WIB. Peserta didampingi kakak-kakak dari anggota madya dan anggota ahli untuk melakukan sampling Mollusca dan Pisces. Setelah kegiatan sampling selesai, peserta mendapat materi cara identifikasi dan preservasi. Kemudian peserta diajak untuk senam pagi dan sarapan bersama. Sembari menunggu datangnya waktu surut selanjutnya, peserta saling berdiskusi tentang specimen yang mereka dapatkan. Hingga waktu surut tiba, peserta melakukan sampling diurnal untuk kelas keilmuan Algae dan Echinodermata. Setelah sampling, peserta kembali mendapatkan materi identifikasi dan preservasi, serta berdiskusi kembali. Kegiatan dilanjutkan dengan makan malam dan malam keakraban. Dalam agenda ini, tidak hanya dihadiri oleh anggota aktif, melainkan juga dihadiri oleh beberapa kakak alumni ksk biogama. Agenda malam keakraban dilakukan dengan menyalakan api unggun dan pensi mini. Kemudian peserta diminta kembali ke pendopo untuk beristirahat, karena keesokan harinya akan melakukan sampling nokturnal terakhir, yaitu untuk kelas keilmuan Crustacea.
Rangkaian acara selesai pada tanggal 8 Agustus 2017 dan ditutup dengan agenda bersih-bersih pantai Kukup. Bersih-bersih dilakukan hingga pukul 08.00 WIB dan peserta memiliki waktu bebas sembari menunggu truk TNI-AD datang menjemput. Peserta kembali ke Fakultas Biologi UGM pada pukul 11.00 WIB dan sampai pada pukul 13.00 WIB. Kemudian acara ditutup secara resmi oleh panitia. Semoga segala ilmu yang didapat dapat bermanfaat bagi seluruh peserta.
Jales Viva?! Jaya KSK!

%d blogger menyukai ini: