Perayaan Hari Laut Sedunia di Tengah Pandemi, Oceans Day 2020 mengadakan Diskusi Online dengan Fokus Ekonomi dan Lingkungan

Perayaan Hari Laut Sedunia di Tengah Pandemi, Oceans Day 2020 mengadakan Diskusi Online dengan Fokus Ekonomi dan Lingkungan

Selamat Hari Laut Sedunia !!!

Demi memeriahkan hari laut sedunia, Oceans Day 2020 dari Kelompok Studi Kelautan mengadakan seminar online dengan tema “Pandemi Melanda, Apa Kabar Laut Kita ?” Diskusi ini telah dilakukan pada tanggal 7 Juni 2020 yang bertepatan dengan Hari Minggu, satu hari sebelum hari laut sedunia. Diskusi diadakan melalui platform google meet, dengan narasumber Akbar Reza, S.Si., M.Sc. (Dosen Fakultas Biologi UGM) dan Wildan Gayuh Zulfikar, S.Si. (Aquacculture Analyst), yang dimoderatori oleh Yusuf Ruyandi Valentino Sitorus (Mahasiswa Fakultas Biologi UGM). Diskusi ini dihadiri oleh kurang lebih 225 peserta dari berbagai kalangan dan daerah.

Diskusi diawali dengan penyampaian materi oleh Wildan Gayuh Zulfikar, S.Si. dengan tema “Dampak Pandemi terhadap Kegiatan Akuakultur”. Beliau menyampaikan bahwa COVID-19 telah mengizinkan laut untuk regenerasi dan akuakultur merupakan salah satu sektor yang terkena efek pandemi. Meskipun pandemi sudah diketahui ada sejak tahun 2019 di China, tetapi pada saat itu kegiatan akuakultur masih normal di Indonesia. Kemudian kekhawatiran mulai muncul ketika bulan Februari saat wabah mulai meluas, kekhawatiran terbesarnya adalah takut jika tidak bisa ekspor produk akuakultur lagi ke China. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Akbar Reza, S.Si, M.Sc. dengan tema “Kondisi Ekosistem dan Aktivitas Biota Laut Selama Pandemi”. Beliau menyampaikan beberapa kabar baik dari laut yaitu, kadar CO2 yang menurun, laut mengalami recovery karena tidak adanya aktivitas shipping serta berkurangnya sampah akibat berkurangnya aktivitas turis di daerah pantai. Selain itu, beliau juga menyampaikan beberapa kabar buruk seperti, aktivitas perikanan yang menurun drastis, menumpuknya sampah medis serta istirahat yang diakibatkan oleh pandemi hanya bersifat sementara, karena ada ancaman selanjutnya yang sedang menunggu kita yaitu, perubahan iklim, aktivitas perikanan yang tidak berkelanjutan, peningkatan konsumsi dan unsustainable tourism.

Dengan diadakannya diskusi ini, diharapkan agar banyak orang yang mengetahui tentang adanya hari laut sedunia dan mulai peduli akan laut beserta biota yang ada didalamnya, karena sangat penting bagi kita untuk menjaga laut, agar laut juga menjaga kita. Jales Viva, Jaya KSK !!

 

%d blogger menyukai ini: