Ocean Days 2022: Save Our Marine Biodiversity, Stop Fisheries Exploitation!

Ocean Days 2022: Save Our Marine Biodiversity, Stop Fisheries Exploitation!

Ocean Days adalah hari laut sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Juni. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dari berbagai kalangan betapa pentingnya laut untuk keberlangsungan hidup ekosistem laut maupun kelangsungan hidup manusia. Tahun ini untuk memperingati Hari Laut Sedunia Tahun 2022, Ocean Days mengangkat tema “Save Our Marine Biodiversity, Stop Fisheries Exploitation!”. Pada kegiatan Ocean Days tahun ini, KSK bekerja sama dengan BEM Biologi UGM yang memperingati hari bumi.

Kegiatan Ocean Days dibagi menjadi kegiatan daring dan luring. Kegiatan daring terdiri dari External Volunteering, Lomba Quick Answer, serta talkshow. Sedangkan kegiatan luring berupa Internal Volunteering.

  1. External Volunteering

External volunteering merupakan kegiatan sukarelawan yang dilakukan secara online dengan melaksanakan proyek sosial mengenai permasalahan lingkungan laut. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 16 – 29 Mei melalui media sosial Instagram. Kegiatan diikuti oleh peserta eksternal, yaitu yang bukan merupakan anggota KSK Biogama. Peserta akan diberikan poster/infografis untuk diunggah pada akun instagram pribadi masing-masing mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kelautan, khususnya solusi penyelesaian masalah eksploitasi laut.

2. Lomba Quick Answer

Lomba Quick Answer Oceans Day 2022 merupakan kegiatan perlombaan yang diadakan melalui media sosial Instagram. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 29 Mei 2022. Kegiatan merupakan kegiatan daring berbentuk kuis dengan berbagai pertanyaan seputar kelautan. Peserta bersifat umum dengan menjawab semua pertanyaan yang disediakan secara cepat dan tepat sehingga dapat memenangkan perlombaan.

3. Talkshow

Talkshow merupakan kegiatan diskusi yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 2022 dengan mendatangkan dua narasumber yakni Anthony Alvin sebagai Fisheries Manager Indonesia and SE Asia dan Lilja Piuli Alam sebagai Head of The Marine Conservation Society, Scotland, UK. Diskusi ini membahas mengenai upaya pengelolaan sumber daya maritim Indonesia dan solusi menghentikan eksploitasi sumber daya perikanan.

4. Internal Volunteering

Internal volunteering merupakan kegiatan sukarelawan yang diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2022. Kegiatan ini berbentuk aktivitas di luar ruangan dan dilakukan secara luring, yaitu dengan bersih-bersih pantai. Peserta kegiatan melakukan bersih-bersih pantai dengan memungut sampah-sampah yang berserakan di wilayah pantai.

Seru kan rangkaian acara Ocean Days 2022! Pasti ga sabar menunggu kegiatan yang lebih seru lagi di Ocean Days tahun 2023 kan ya? Sampai jumpa di Ocean Days tahun 2023 teman teman! Jales Viva, Jaya KSK!!

%d blogger menyukai ini: