Anggota Madya KSK Biogama Sukses Menempuh Rangkaian Small Group Discussion (SGD) dan Ujian Tengah Kelas Keilmuan (UTKK)

Small Group Discussion (SGD) Anggota Madya merupakan serangkaian kelas pematerian yang harus diikuti oleh seluruh Anggota Madya KSK Biogama di masing-masing Kelas Keilmuan. Program kerja SGD berada di bawah pengawasan Pilar PSDM dan Pilar Keilmuan, khususnya bagian HRD dan Kurikulum. Program ini berjalan selama kurang lebih enam bulan dimulai pada bulan Maret hingga awal September 2023. Rangkaian SGD Anggota Madya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Anggota Madya berkaitan dengan Kelas Keilmuannya masing-masing.

Gambar 1. SGD Kelas Keilmuan Algae
Gambar 2. SGD Kelas Keilmuan Echinodermata
Gambar 3. SGD Kelas Keilmuan Mollusca
Gambar 4. SGD Kelas Keilmuan Crustacea
Gambar 5. SGD Kelas Keilmuan Pisces

Pelaksanaan SGD Madya bersifat tentatif dan fleksibel bergantung pada kesepakatan jadwal masing-masing Kelas Keilmuan. Rangkaian SGD Madya terbagi menjadi dua kegiatan utama, yaitu pematerian oleh Anggota Ahli dan diskusi jurnal tentang topik yang dibahas pada saat pematerian. Rata-rata jumlah topik pematerian yang disampaikan dan dibahas pada SGD Madya masing-masing Kelas Keilmuan terdiri dari 6-9 materi, meliputi penulisan karya ilmiah dan publikasi, teknik sampling dan preservasi, morfologi dan anatomi, fisiologi dan ekologi berbagai biota laut anggota Kelas Keilmuan terkait, serta beberapa materi pendukung lainnya.

Secara umum, pelaksanaan SGD Madya dilaksanakan secara luring penuh dan kegiatan ini merupakan rangkaian wajib yang harus diikuti oleh masing-masing Anggota Madya. Setelah Anggota Madya berhasil mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian SGD Madya tersebut, mereka diwajibkan mengerjakan ujian yang disebut sebagai Ujian Tengah Kelas Keilmuan (UTKK) untuk mengukur seberapa paham Anggota Madya tentang Kelas Keilmuannya masing-masing. Ujian tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 16 September 2023 secara daring yang terdiri dari dua sesi ujian, meliputi ujian tertulis dan ujian wawancara. Hasil penilaian pada rangkaian SGD tersebut beserta hasil UTKK akan dikembalikan dan dilaporkan kepada masing-masing Anggota Madya dalam bentuk Kartu Hasil Studi (KHS). Hasil studi tersebut selain menjadi bahan pelaporan, juga digunakan sebagai pertimbangan untuk kenaikan jenjang dari Anggota Madya menjadi Anggota Ahli KSK Biogama berikutnya.

%d bloggers like this: