KSK Biogama Lakukan Eksplorasi dan SGD Lapangan di Zona Intertidal Pantai Porok dan Pantai Nglolang, Gunungkidul, D. I. Yogyakarta

Eksplorasi dan Small Group Discussion Lapangan merupakan salah satu program kerja Koordinator Keilmuan Kelompok Studi Kelautan Biologi, Universitas Gadjah Mada (KSK Biogama). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan Anggota Muda dalam melakukan sampling dan preservasi biota laut, serta untuk melakukan monitoring biodiversitas pantai di Gunungkidul, khususnya Pantai Porok. Selain itu, Eksplorasi dan SGD Lapangan ini juga sebagai momentum pertama bagi Anggota Muda dalam melakukan pengambilan data keanekaragaman biota laut, meliputi makroalga, krustasea, moluska, Echinodermata, dan berbagai jenis ikan.

Eksplorasi dan SGD Lapangan dilaksanakan pada Jumat hingga Minggu, 8-10 September 2023 dengan peserta berasal dari Anggota Muda, Anggota Madya, dan Anggota Ahli KSK Biogama. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pantai Porok sebagai pantai kajian, serta Pantai Nglolang, Gunungkidul. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari lima rangkaian kegiatan utama, meliputi sampling di Pantai Porok, pematerian dan praktik preservasi dan identifikasi biota laut, konsultasi hasil sampling berikut analisis datanya, malam pentas seni, serta presentasi hasil Eksplorasi dan SGD Lapangan.

Gambar 1. Pemberangkatan Peserta Eksplorasi

Rangkaian kegiatan diawali dengan pemberangkatan pada sore hari tanggal 8 September 2023 yang didampingi oleh pembina KSK Biogama, Bapak Abdul Razaq Chasani, Ph.D. Sampling di Pantai Porok dilakukan pada hari kedua, tanggal 9 September 2023. Anggota Muda dibagi ke dalam lima kelompok sesuai dengan jumlah Kelas Keilmuan yang ada di KSK, yaitu kelompok Algae, Mollusca, Crustacea, Echinodermata, dan Pisces. Pada saat pelaksanaan sampling, Anggota Muda dipandu oleh Anggota Ahli. Adapun biota laut yang didapatkan oleh Kelompok Algae terdiri dari makroalga Ulva lactuca, Caulerpa racemosa, Chaetomorpha crassa, Palmaria palmata, Gracilaria canaliculata, Sargassum crassifolium, Sargassum cristaefolium, dan lima spesies makroalga lainnya. Kelompok Mollusca memperoleh Dendrodoris sp., Thais tuberosa, Tylothais virgata, dan empat spesies moluska lainnya. Kelompok Crustacea berhasil mendapatkan Tiarinia cornigera, Calcinus hazletti, Portunus pubescens, dan spesies lainnya. Kelompok Echinodermata mendapatkan Stomopneustes variolaris, Echinometra mathaei, Heterocentrotus trigonarius, dan dua spesies lainnya, sedangkan Kelompok Pisces menemukan satu spesies ikan, yaitu Blenniella gibbifrons.

Gambar 2. Kegiatan Eksplorasi
Gambar 3. Circling Pematerian Eksplorasi
Gambar 4. Fun Games Eksplorasi
Gambar 5. Pentas Seni Eksplorasi
Gambar 6. Presentasi Hasil Eksplorasi

Kegiatan pasca sampling adalah Anggota Muda mengikuti pematerian terkait praktik identifikasi dan preservasi biota laut yang telah diperoleh saat sampling. Pematerian dilaksanakan di Pantai Nglolang dengan pemateri oleh Anggota Madya di masing-masing pos Kelas Keilmuan. Setelah selesai mengikuti pematerian tersebut, Anggota Muda juga mengikuti sesi konsultasi bersama Anggota Ahli membahas mengenai hasil sampling berikut dengan penyusunan output Eksplorasi dan SGD Lapangan. Hasil akhir dari sampling tersebut didokumentasikan dalam bentuk poster ilmiah dan dipresentasikan pada saat Upgrading Anggota Muda pada tanggal 16 September 2023. Selain itu, hasil sampling juga didokumentasikan dalam bentuk marine biodiversity checklist (MBC) sebagai data monitoring keanekaragaman biota laut di Pantai Porok.

Gambar 7. Eksplorasi KSK Biogama 2023
%d bloggers like this: