MicroSD 2023

MicroSD (Micro Scientific Discussion) merupakan program kerja yang ditujukan kepada internal Kelompok Studi Kelautan Biologi, Universitas Gadjah Mada (KSK Biogama). Program kerja ini merupakan salah satu program yang dijalankan oleh bagian Kurikulum yang bertujuan untuk menambah wawasan anggota KSK mengenai kelautan dengan mempelajari software yang dapat mendukung penelitian.

Gambar 1. Pelaksanaan MicroSD

MicroSD 2023 dikemas dalam bentuk webinar yang dilaksanakan pada hari Minggu, 27 Agustus 2023 melalui platform Zoom. Pelaksanaan secara daring bertujuan agar tutorial yang diberikan narasumber selama webinar dapat direkam sehingga dapat dipelajari berulang kali oleh anggota KSK Biogama. Topik penelitian yang diangkat pada MicroSD 2023 yaitu “Pemanfaatan Program Geographic Information System (GIS) pada Riset Kelautan di Indonesia” dengan pembicara Bondan Galih Dewanto, S.T. yang merupakan dosen Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada. Beliau sudah banyak melakukan penelitian mengenai pemetaan suatu wilayah kajian dan sangat ahli dalam penggunaan aplikasi GIS. Tidak sendiri, beliau didampingi oleh asisten yang berperan teknis dalam acara ini yaitu Arinda Tasya Arianti. 

Gambar 2. Pematerian MicroSD

Acara berlangsung selama dua jam berisi pengenalan secara umum aplikasi GIS, kemudian dilanjutkan dengan tutorial registrasi USGS Earth Explorer dan pembuatan komposit citra untuk dilakukan pembuatan peta lokasi kajian yang telah disesuaikan dengan titik koordinat yang sebenarnya. Pembuatan peta lokasi kajian penelitian bertujuan dalam estetika penulisan paper atau jurnal sehingga gambar lokasi penelitian yang dicantumkan terlihat lebih akurat dan dapat merepresentasikan lokasi lebih jelas dibanding dengan hanya mencantumkan foto Google Earth. Setelah pematerian oleh narasumber selesai, dibuka sesi diskusi agar anggota KSK Biogama dapat bertanya secara langsung materi yang belum dipahami maupun konsultasi hal yang masih berkaitan dengan topik MicroSD. Acara diakhiri dengan sesi penyerahan sertifikat untuk narasumber dan asistennya dilanjutkan dengan foto bersama. 

Gambar 3. Penyerahan Sertifikat kepada Pemateri
Gambar 4. Penyerahan Sertifikat kepada Pemateri
%d bloggers like this: