KSK Mengajar untuk Menambah Wawasan Kelautan Anak-Anak Desa Pengkol

Program KSK Mengajar merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh anggota Kelompok Studi Kelautan (KSK) Fakultas Biologi UGM. Program kerja ini merupakan program yang diselenggarakan dibawah divisi operasional KSK. Pada program ini KSK melakukan kerja sama dengan salah satu desa di daerah Gunungkidul. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 22 Oktober 2023 di Balai Desa Pengkol, Nglipar, Gunung kidul. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat khususnya anak-anak tentang kelautan meliputi, biota laut, upaya menjaga kelestarian dan kebersihan laut, serta keselamatan saat berada di pantai. Selain itu, dilaksanakannya kegiatan ini menjadi salah satu ajang untuk memperkenalkan Kelompok Studi Kelautan kepada masyarakat. 

Gambar 1. Pembukaan KSK Mengajar oleh Kepala Desa Pengkol
Gambar 2. Penyampaian Materi
Gambar 3. Sesi tebak-tebakan
Gambar 4. Sesi fun games

Kegiatan yang dihadiri oleh 19 anggota KSK dan 40 anak-anak Desa Pengkol dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Desa Pengkol yaitu Bapak Agus Sunarjo yang menyampaikan bahwa sebagai warga Gunungkidul yang tidak terlalu jauh dengan pesisir pantai belum banyak mendapatkan informasi mengenai kelautan khususnya kepada anak-anak. Sehingga kami sebagai anggota KSK berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak-anak mengenai pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan laut sehingga dapat melakukan praktik tersebut dengan aktif secara berkelanjutan. 
Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dan sesi tebak-tebakan untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap materi yang telah disampaikan. Anak-anak yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan fun games yaitu sesi pembuatan gelang dari manik-manik yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas serta media pembelajaran dengan konsep interaktif. Hasil kerajinan yang berhasil dibuat dapat dibawa pulang oleh anak-anak sebagai kenang-kenangan. Kegiatan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan berupa plakat kepada Bu Dewi selaku perwakilan perangkat desa serta dilakukan sesi dokumentasi bersama dengan para peserta.

Gambar 5. Pemberian Kenang-kenangan
Gambar 6. KSK Mengajar 2023
%d bloggers like this: