Kajian #1 : Dampak Penggunaan Cantrang!

Kajian Penelitian #1

Selama periode kepengurusan tahun ini, KSK telah mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah kajian penelitian. Kajian penelitian mengajak anggota KSK untuk membahas isu-isu mengenai kelautan di Indonesia. Dalam Kajian Penelitian #1, tema yang diangkat adalah “Dampak Penggunaan Cantrang di Indonesia”. Tema ini dikaji dalam dalam berbagai aspek seperti lingkungan, budaya, sosial politik, dan ekonomi.

Cantrang merupakan alat penangkapan ikan dimana pengoperasiannya dilakukan di dasar perairan. Penggunaan alat seperti ini akan berdampak pada menurunnya populasi ikan karena bersifat non spesifik. Ikan-ikan kecil yang bukan menjadi target penangkapan ikut terambil sebagai bycatch dan pemanfaatannya sebatas pembuatan bahan tepung ikan untuk pakan ternak.

Pelarangan penggunaan cantrang pernah dilakukan namun larangan tersebut kemudian dicabut hingga waktu yang dibatasi. Hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah kapal cantrang dari sebelumnya dan menghambat proses konservasi laut. Solusi yang diberikan adalah penggunaan alat penangkapan ikan yang lebih ramah lingkungan seperti bubu lipat dan rajungan. Dengan ini, konservasi ikan dapat dilakukan agar jumlah ikan tetap lestari.

Jales Viva Jaya KSK!

%d blogger menyukai ini: