”NEW NORMAL” Paradigma Baru Perilaku Manusia terhadap Alam

”NEW NORMAL” Paradigma Baru Perilaku Manusia terhadap Alam

Selamat ulang tahun KSK Biogama !!

Demi memeriahkan ulang tahun KSK Biogama yang ke-20 tahun ini, kita dari Kelompok Studi Kelautan mengadakan webinar dengan tema “New Normal” Paradigma Baru Perilaku Manusia Terhadap Alam. Webinar tersebut telah dilakukan pada tanggal 26 September 2020 yang bertepatan pada hari Sabtu. Webinar diadakan melalui platform ZOOM Meeting yang diikuti sekita 271 peserta, dengan 3 narasumber yaitu Prof. Dr. Suwarno Hadi Susanto, S. U. merupakan Dosen Fakultas Biologi UGM, Intan Suci Nurhati, Ph. D. merupakan Penata Teknis Penelitian Geologi dan Geomatika Laut P20 LIPI dan Nadhira Afina Wardhani merupakan Sustainability Manager Divers Clean Action. Webinar ini dimoderatori oleh Ericka Puji Lestari salah satu anggota dari KSK Biogama.

Webinar diawali dengan pematerian pertama oleh Mbak Nadhira yang menyampaikan bahwa Indonesia hanya mampu mendaur ulang sampah sebanyak 7% dari seluruh sampah yang dihasilkan, 69% sampah lainnya dingkut ke TPA dan 24% tidak terkelola dengan baik. Sampah yang tidak terkelola dengan baik tersebut dapat lari ke sungai-sungai dan berujung pada laut Indonesia. Pematerian kedua oleh Prof. Warno yang menyampaikan bahwa makhluk hidup makrobentos dapat dijadikan parameter dari degradrsi lingkungan laut. Pematerian terakhir oleh Bu Intan yang menyampaikan bahwa gas-gas seperti metana dan etana yang dihasilkan dari sampah-sampah organkc dapat menimbulkan efek rumah kaca yang sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup dimasa depan.

Diakhir webinar diharapkan agar setiap peserta mengetahui bahwa di New Normal ini seharusnya kita sudah mulai mengerti dan memahami bagaimana cara meminimalisir penggunaan plastik seperti berbelanja dengan membawa totebag, bagaimana cara kita untuk mulai memilah sampah seperti membuat tempat sampah terpisah untuk sampah organic dan non organik dirumah masing-masing dan bagaimana kita menerapkan semua ilmu yang telah kita dapat dari dirumah aja selama beberapa bulan kebelakang tidak hanya untuk menjaga kesehatan diri tetapi juga lingkungan yang berharga ini.

%d blogger menyukai ini: