The 5th IBOC 2020

The 5th IBOC 2020

The 5th International Biology Conference (IBOC) 2020 merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan dua tahun sekali untuk mendapatkan informasi dan teknologi terkini secara luas yang mengangkat isu-isu utama dunia di bidang Biologi. Acara ini diselenggarakan oleh Departemen Biologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada 17 Oktober 2020 secara daring melalui Zoom Meeting.

IBOC 2020 mengusung tema umum “Ecofarming, Ecotourism & Green Management for Sustainability of Natural Resources”. Pada IBOC 2020, diundang beberapa keynote speaker, yaitu Dr. (HC) Susi Pudjiastuti (Former Minister of Fisheries and Marine Affairs of Republic of Indonesia); Dr. Dian Saptarini, M.Sc (Biology Department of ITS; Research Center for Infrastructure and Sustainable Environment of ITS); Prof. Dr. Suraini Abd. Aziz (Faculty of Biotechnology and Biomolecular Science, University Putra Malaysia); dan Prof. Dr. Friedrich Götz (Microbial Genetics, Interfaculty Institute of Microbiology and Infection Medicine, University Tübingen, Germany). Kegiatan konferensi ini meliputi presentasi oral yang menampilkan inovasi dan hasil penelitian terkini di bidang ilmu biologi, serta menghadirkan para peneliti, dosen dan profesional dari semua bidang ilmu biologi dari dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi.

Terdapat kurang lebih 112 paper penelitian yang dipresentasikan. Mahasiswa Fakultas Biologi UGM yang merupakan anggota dari Kelompok Studi Kelautan juga turut andil pada kegiatan ini, topik Physiology and Development dengan judul paper “Vitamin C content in marine macroalgae from Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta and its potential use as a vitamin source in nutrition” yang dipresentasikan oleh Alifah Evi Scania (Biologi 2017/KSK DXVIII) dan topik Biodiversity dengan judul paper “Diversity of echinoderms (Echinoidea and Ophiuroidea) in intertidal zone of Porok Beach, Yogyakarta, Indonesia” yang dipresentasikan oleh Alfiah Niky Rizkyta (Biologi 2018/KSK DXIX). Alifah Evi Scania juga berhasil meraih penghargaan sebagai The Best Presenter of The 5th IBOC 2020. Dengan prestasi atau partisipasi mahasiswa pada kegiatan seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh KSK BIOGAMA dan Fakultas Biologi UGM.

%d blogger menyukai ini: